Senin, 25 Februari 2013

DANA BERGULIR SEBAGAI PENGGELIAT KELOMPOK PEMATUNG TRADISIONAL BALI


DANA BERGULIR SEBAGAI PENGGELIAT KELOMPOK PEMATUNG TRADISIONAL BALI

Om Swastiastu…….

Untuk medirikan sebuah usaha tidak bisa lepas dari sunberdaya modal (uang)  disamping sumberdaya yang lainnya, seperti tempat usaha, peralatan, ketrampilan dan juga kemampuan untuk  memasarkan barang  yang akan dihasilkan (Pemasaran) serta pematenan hak cipta/karya. Kalau berbicara masalah modal sudah tentu tertuju pada lembaga keuangan (Lembaga Keuangan/Bank) atau usaha keuangan sejenisnyadimana untuk mendapatkan bantuan modal/kredit usaha tentu ada persyaratan yang harus dipenuhi termasuk lazimnya adalah agunan dan ijin usaha, bahkan sekarang bukti wajib pajak aktif. Untuk masyarakat ekonomi menengah ke atas agunan mungkin tidak menjadi masalah  tapi sebaliknya  akan  menjadi  masalah/hambatan bagi masyarakat kita yang kurang mampu/ekonomi lemah (miskin) ; hal ini dilami oleh kelompok usaha kerajinan patung  kayu yang ada di Banjar Anggabaya  Kelurahan Penatih  Kecamatan  Denpasar Timur Provinsi Bali


Beruntung ada BKM BINA SEJAHTERA hasil pembelajaran substansi PNPM Mandiri Perkotaan dengan memberdayakan masyarakat lokalnya melalui pembelajaran BLM TRIDAYA yang bervisi meningkatkan daya social, ekonomi dan lingkungan dalam ikatan masyarakat pembangunan yang partisipatif;  Khusus dalam kesempatan ini kami paparkan terkait simbiosis substansi  Daya Ekonomi (UPK) PNPM-MP melalui bentuk kegiatan DANA BERGULIR yang memfasilitasi akses mendapatkan modal usaha kecil untuk kalangan WARMIS hasil PS2. Contoh kasus di wilayah Kelurahan PENATIH ini; Dengan bantuan  modal  dari UPK, usaha kecil  produktif  semakin menggeliat dan berkembang sampai dengan sekarang, meskipun pergerakannya merangkak namun pasti.
Sebut saja KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat) PATUNG ANA  yang sejak awal sudah berkelompok dengan visi dan misi yang sama; berdiri sejak Tahun 2000 yang awalnya sebagai usaha sampingan untuk tambahan penghasilan keluarga karena setiap anggota mempunyai pekerjaan pokok sesuai dengan bidangnya  masing-masing. Ada yang jadi petani, peternak, pelajar/mahasiswa dan juga pedagang. Pekerjaan membuat patung dilakukan disela-sela waktu rutinitas mereka sehari-hari,  Keberadaan UPK ini menjadikan sedikit berubah pola fikir anggota kelompok ini; “Mengapa kita tidak lebih focus bila ada permodalan yang mudah dan fleksible pengajuannya !”


Muncullah minat terkait mengakses permodalan kecil ke UPK  BKM BINA SEJAHTERA, ceritanya demikian; Dalam wawancara kami, beliau  “ I Made Ana” selaku ketua kelompok patung,  mengatakan rata-rata penghasilan per orang per hari berkisar antara Rp.30,000 sampai dengan Rp.50,000,- sesuai dengan jumlah patung yang bisa diselesaikan serta menurut penuturan salah satu anggota KSM, penghasilannya dari mematung sangat berarti untuk menunjang kebutuhan ekonomi keluarga. Karena makin bertambahnya peminat warga ikut bergabung menjadi pematung yang awalnya beranggotakan 5 orang kemudian berkembang menjadi 10 orang dan di Tahun 2013 bertambah menjadi 15 orang sehingga untuk memenuhi kebutuhan bahan baku perlu tambahan  modal untuk membeli bahan baku yang didatangkan dari luar Pulau Bali.
Mengingat hal tersebut dan juga makin meningkatnya orderan/permintaan patung dari Art Shop yang ada di daerah Sukawati  yang memiliki PASAR SENI yang banyak dikenal oleh wisatawan, baik Domestik maupun Manca Negara, maka KSM Patung Ana 1 yang beranggotakan 10 orang dan KSM Patung Ana 2 yang beranggotakan 5 orang kemudian mengajukan proposal pinjaman dana ke UPK BKM BINA SEJAHTERA Kelurahan Penatih  sebesar Rp.20,000,000 dan RP.10,000,000  yang dananya bersumberdari PNPM-MandiriPerkotaan. Perlu diketahui bahwa UPK di BKM BINA SEJAHTERA – PENATIH ini memiliki modal Modal Rp.73,500,000 dengan nilai perguliran saat tulisan ini dibuat adalah Rp.84,600,000,- serta diakhir tahun kemarin dalam  rapat SHU memiliki laba Rp.3,236276,- dengan jumlah KSM ada 15 aktif, Salah satu pemanfaatnya adalah KSM PATUNG ANA ini dengan diketuai oleh I Made Ana.  Setelah melalui proses verifikasi oleh UPK dan juga sepengetahuan dari Fasilitator pendamping akhirnya pada hari  jumat;18 Januari 2012  UPK  bersama –sama dengan AnggotaBKM yang dikoordinir oleh I Ketut Bina,SE dan Fasilitator Tim 7 Kota Denpasar mengunjungi sekaligus verifikasi keberadaan KSM Patung Ana yang berlokasi di Br.Anggabaya untuk melakukan penajaman dan survey yang ditindaklanjuti dengan menyerahkan Dana Modal lewat kredit usaha kecil  yang di kelola oleh UPK dan sekalian memberikan sosialisasi pemahaman  kepada  KSM  sehingga penggunaan dananya sesuai dengan peruntukannya sebagaimana diatur dalam PEDUM serta SOP UPK.
Sampai saat ini  KSM Patung Ana telah terfasilitasi  bantuan  permodalan  ketiga kalinya, bantuan modal pertama sebesar Rp.5,000,000,- kedua Rp.10,000,000,- dan pengembaliaannya sangat lancer sehingga direkomendasikan diberikan bantuan modal yang ketiga bila memang KSM PATUNG ANA mengajukan kembali, bahkan kelanjutannya akan diupayakan untuk di channelingkan ke lembaga keuangan/perbangkan yang ada seperti BRI yang pernah mensosialisasikan terkait integrasi  permodalan  pada KSM PRODUKTIF  hasil pembelajaran substansi program (PNPM MANDIRI PERKOTAAN) yang disampaikan langsung oleh Direktur Program BRI pusat (Jakarta) bersama Bpk.Sujana Royat. Dalam hal ini masih dipelajari tindaklanjutnya oleh pihak BRI terkait pola fasilitasinya agar tak berubah dari konsep program PNPM-MP, tak hanya itu bahkan BKM BINA SEJAHTERA akan berupaya memfasilitasi terkait KSM-KSM produktif ini untuk mendapatkan fasilitasi Pelatihan Kapasitas terkait Managemen Pengelolaan Usaha dan Keuangannya serta Kreasi Model Patungnya.

Ini contoh kecil dari upaya program untuk menyemaikan konsep-konsep pembelajaran pada masyarakat, khususnya kelompok garis bawah “WONG CILIK” untuk secara mandiri kreatif serta berjuang untuk bertahan hidup juga meningkatkan DAYA SOSIAL EKONOMInya guna menjawab tantangan jaman yang semakin berat, maka tak hanya sampai disini pembelajaran dan perjuangan yang diwujudkan, namun masih perlu waktu dan keseriusan  serta kepedulian semua pihak guna mensejahterakan tatanan kehidupan bangsa ini; tak cukup hanya bicara dan bermimpi, namun lebih pada penguatan serta penajaman VISI dan ACTION agar perubahan tersebut terwujud dan mengakar.

Om Santhi, Santhi, Santhi Om.











Ditulis Oleh : I KadekWidana,
Senior Fasilitator Kota Denpasar


2 komentar:

  1. Ini luar biasa saat saya mengira semua telah selesai dengan saya Ibu Iskandar datang untuk menyelamatkan saya. Saya sangat berhutang sejauh orang-orang yang saya pinjam uang dari geng melawan saya dan kemudian membuat saya ditangkap sebagai akibat dari hutang saya. ditahan selama berbulan-bulan maka masa rahmat diberikan kepada saya saat saya dipulangkan dan dibebaskan untuk pergi dan mencari uang untuk membayar semua hutang yang saya terima sehingga saya diberitahu bahwa ada beberapa kreditur sah online sehingga saya harus mencari Karena melalui blog saya berualang kali tertipu tapi ketika saya menemukan Ibu Iskandar CEO ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM, Tuhan mengarahkAan saya ke iklannya melalui blog karena daya tarik saya terhadapnya adalah benar-benar mukjizat mungkin karena Tuhan telah melihat bahwa saya memiliki banyak menderita karena itulah dia mengarahkan saya kepadanya. Jadi saya menerapkannya dengan antusias setelah beberapa jam pinjaman saya disetujui oleh Dewan dan dalam dua hari saya dikreditkan dengana jumlah pasti yang saya berikaan untuk semua ini tanpa jaminan tambahan Kredit Tanpa Agunan (KTA) sama seperti saya berbicara dengan Anda sekarang saya telah dapat menghapus semua hutang saya dan sekarang saya memiliki supermarket sendiri, saya tidak memerlukan bantuan orang lain sebelum saya memberi makan atau mengambil keuangan apa pun keputusan saya tidak punya urusan dengan Polisi lagi saya sekarang adalah wanita merdeka. Anda ingin mengalami kemandirian finansial seperti saya silahkan hubungi Ibu melalui BBM-nya: {D8980E0B} atau melalui email perusahaan: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) Anda tidak dapat memperdebatkan fakta bahwa di dunia kesulitan ini Anda memerlukan seseorang untuk membantu Anda mengatasi gejolak keuangan dalam hidup Anda dengan satu atau lain cara, jadi saya memberi Anda mandat untuk mencoba dan menghubungi Ibu Iskandar di alamat di atas sehingga bisa mengatasi kemerosotan keuangan dalam hidup Anda. Anda bisa menghubungi saya melalui email berikut: (anggaannisa1979@gmail.com)) selalu bersikap positif dengan Ibu Iskandar dia akan melihat Anda melalui semua tantangan finansial Anda dan kemudian memberi Anda sebuah tampilan baru finansial.

    Detail Kontak Penuh:

    Perusahaan: ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM (ISKANDAR LENDERS)
    Email: {iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
    BBM INVITES: {D8980E0B}
                           : {4424AA}
    Alamat Facebook: {www.facebook.com/iskandar.lesteri.7}
    Website: {iskandarlestari.wordpress.com}

               TESTIMONI OLEH
    Penerima Manfaat: Angga Annisa
       Email: {anggaannisa1979@gmail.com}

    BalasHapus
  2. Dengan uang tunai, Anda bisa keluar dari masalah .......email: akhimiennosakhale@gmail.com

    BalasHapus